Tuesday, October 24, 2017

Rancangan Penelitian Ilmiah

// // Leave a Comment

penelitian ilmiah  

                             
Halo teman-teman semua, selamat datang di belajar mandiri. pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Rancangan Penelitian Ilmiah. Pokok pembahasan yang akan di bahas adalah seputar Pengertian penelitian ilmiah dan pengertian Rancangan Penelitian Ilmiah,  dan tahap tahap rancangan penelitian ilmiah. Untuk lebih jelas kita langsung saja ke pembahasanya di bawah ini.

Pengertian Penelitian Ilmiah dan rancangan penelitian ilmiah

Penelitian ilmiah merupakan serangkaian pengamatan yang dilakukan secara terus menerus guna melahirkan teori baru yang akan menjelaskan permasalahan yang ada.  Penelitian ilmiah berguna untuk berkembangannya ilmu pengetahuan. Biasanya penelitian ilmiah dilakukan dan melalui 3 tahapan cara yaitu konseptualisasi, operasionalisasi dan observasi.

Rancangan penelitian ilmiah merupakan inti atau pokok dari keseluruhan penelitian yang di tulis dalam satu tulisan atau laporan  secara ringkas, jelas dan utuh dengan maksud dan tujuan agar pelaksanaan penelitian berjalan lancar, baik dan benar.


Syarat syarat rancangan penelitian 

Rancangan penelitian ilmiah, memiliki syarat-syarat tertentu. Syarat ini wajib ada dalam sebuah rancangan ilmiah yaitu meliputi sistematis, konsisten dan operasional. Berikut adalah 3 penjelasan syarat tersebut :

a. Sistematis 

Artinya rancangan ilmiah yang dibuat harus berurutan dengan benar dan logis. biasanya dalam membuat rancangan ilmiah kita akan menentukan judul dulu, lalu latar belakang, rumusan masalah dan tujuan dan lain sebagainya. jadi kita harus berurutan dalam pembuatannya agar saat melakukan penelitian kita tidak bingung.

b. Konsisten 

Artinya rancangan ilmiah yang kita buat mempunyai kesamaan dan sesuai antara isi satu dengan yang lain. Contohnya adalah tujuan rancangan ilmiah yang kita buat harus sesuai dengan judul yang kita buat tidak boleh melenceng kearah yang lain. Begitu juga dengan unsur lain, misalnya antara judul dengan rumusan masalah, rumusan masalah dengan tujuan. semuanya harus sesuai  agar rancangan ilmiah yang kita buat menjadi meyatu dan utuh.

c. Operasional

Operasional disini artinya kita dapat menjelaskan proses atau jalannya penelitian yang kita lakukan , mulai dari alat dan bahan, cara melakukannya, dari datang yang di haslkan dan diinginkan dan objek penelitiannya.

Itu tadi 3 syarat yang harus dipenuhi untuk merancang penelilitan ilmiah. selain 3 syarat diatas, penelitian juga mesti bermanfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan juga bermanfaat bagi masyarakat.


Tahap tahap rancangan penelitian ilmiah

Tahapan rancangan ilmiah meliputi
a. judul penelitian
b. latar belakang masalah penelitian
c. rumusan masalah
d. tujuan dan fungsi
e. tinjauan pustaka
f. hipotesis (jika diperlukan)
g. batasan masalah
h. metodologi
i. daftar pustaka

berikut ini adalah penjelasan dari tahapan-tahapan di atas:

1. judul penelitian 

judul penelitian merupakan nama atau identitas dari yang akan di teliti. Judul dalam sebuah penelitian harus singkat, spesifik dan jelas. Kegunaan dari judul penelitian adalah memberikan gambaran dari masalah yang akan di teliti.

2. Latar belakang masalah

Di latar belakang kita kan membahas alasan kenapa kita memilih topik atau judul yang diambil. Sehingga di sini kita akan menjelaskan alasan mengapa mengambil topik tertentu dibandingkan dengan topik yang lain.

3. Rumusan masalah

Rumusan masalah berisikan pertanyaan dari masalah yang diteliti agar mempermudah perancangan dari penelitian. Yang harus diperhatikan dari rumusan masalah adalah kita harus menyampaikannya secara operasional dan spesifik agar memudahkan orang yang menbaca untuk mengerti permasalah dari penelitian yang kita ambil.
Dalam membuat rumusan masalah ada beberapa hal yang wajib diperhatikan yaitu :
Merumuskan masalah dengan sederhana, singkat, padat dan jelas sehingga tidak membuat orang bingung dan biasanya merumuskan masalah dibuat berupa pertanyaan.


4. Tujuan penelitian

Tujuan penelitian adalah jawaban atas hasil yang dinginkan dari penelitian. Tujuan penelitian biasanya sejalan dan sesuai dengan rumusan masalah. Tujuan penelitian di buat dengan kalimat pernyataan.


5. Manfaat penelitian             

Manfaat penelitian ini adalah menunjukan apa kegunaan dan untuk siapa penelitian ini dilakukan. apakah penelitian yang kita lakukan berguna bagi masyarakat sekitar, atau bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan yang lainnya.

6. Tinjauan pustaka

Guna tinjauan pustaka adalah untuk mempelajari dan membandingkan hasil penelitian dengan sumber yang ada yang sudah relevan dan untuk mengumpulkan data dari penelitian lain yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Tinjauan pustakan berisi teori dan metode untuk penelitian yang akan kita lakukan.

7. Hipotesis

Hipotesis adalah jawaban yang mungkin keluar(dugaan) dan di ajukan. Bukan merupakan jawaban pasti. Tapi masih jawaban sementara karena belum di uji kebenarannya.
Hipotesis dibagi menjadi 2 berdasarkan rumusan masalah yaitu
- Alternative atau kerja atau asli: dugaan dengan pengaruh
- Hipotesis nol: dugaan tanpa pengaruh
Hopotesis tidaklah wajib dalam sebuah rancangan penelitian.

8. Metode penelitian

Merupakan cara saat melakukan penelitian. Metode ini bisa meliputi menentukan populasi dan sampel, operasional variabel, prosedur pengumpulan dan analisis data.
metode penelitian dalam rancangan penelitian ilmiah
metode penelitian dalam rancangan penelitian ilmiah


a. Sampel atau populasi
Merupakan kelompok objek penelitian
b. Operasional variabel
Merupakan faktor pengaruh dari penelitian yang dapat berubah atau di ubah.
c. Merancang penelitian
Pembuatan rancangan yang menghubungkan variabel bebas dengan variabel terikat
d. Menentukan alat dan bahan yang akan di pakai atau diperlukan dalam penelitian
e. Analisis data
Untuk mengetahuai data yang di olah dan membuktikan hipotesis yang di ajukan
f. Memperkirakan jadwal dan lama nya penelitian
g. Mencoba hasil penelitian


Hanya itu materi yang dapat kami bagikan tentang Rancangan Penelitian Ilmiah. Semoga materi ini dapat membantu kita semua untuk mengetahui dan memahami serta menambah wawasan kita semua . Terima kasih sudah berkunjung.
 jika ada yang masih bingung dan ingin bertanya tentang materi di atas, silahkan tanyakan di kolom komentar.




0 comments:

Post a Comment