Friday, April 21, 2017

Download Update Aplikasi Dapodik Versi 2017.b

// // Leave a Comment
Download Update Aplikasi Dapodik versi 2017.b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui website dapodik-dasmen telah merilis pembaharuan Aplikasi Dapodik update Versi 2017b. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengenteri nilai raport dan Ujian Sekolah (US) / Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Maka dari itu, kami juga ikut berpartisipasi memberikan informasi dan menshare update aplikasi ini bagi para opeator sekolah di seluruh Indonesia supaya mereka dapat mengupdate aplikasi dapodik yang digunakan untuk mendata peserta didik dan nilai ujian.

Dalam website dapodik-dasmen tersebut juga dijelaskan bahwa rilis update aplikasi dapodik versi 2017.b ini diluncurkan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas data Dapodik. Maka dari itu, dilakukanlah perbaikan dan penyempurnaan pada aplikasi dapodik ini. Guna untuk mengakomodasi perkembangan kebutuhan data dapodik dan juga untuk peningkatan layanan terhadap stakeholder pendidikan ditingkat pusat dan daerah, maka pengembangan fitur-fitur dari aplikasi ini telah dilakukan terus menerus. Pada Update versi 2017b ini juga telah ditambahkan fitur-fitur mengenai nilai raport dan nilai US/USBN. Selain itu ada beberapa perbaikan dari aplikasi dapodik 2017b, selengkapnya dapat anda lihat di bawah ini;

1. Penambahan Menu untuk menginput nilai rapor peserta didik (Pembaruan)
2. Penambahan tombol untuk memasukkan prefil anggota rombel terdahulu (Pembaruan)
3. Pembukaan pembuatan akun PTK untuk Non Induk (Perbaikan)

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengupdate / memperbarui aplikasi dapodik menjadi Aplikasi Dapodik versi 2017b;

1) UPDATER Aplikasi Dapodik 2017b
Biasanya sekolah-sekolah di Indonesia kebanyakan masih menggunakan yang versi 2017. Maka dari itu, Anda dapat mengupdatenya dengan cara mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

a. Unduh file Updater Aplikasi Dapodik 2017b pada link berikut ini: Updater Dapodik Versi 2017b
b. Lakukan instalasi sampai dengan selesai
c. Refresh atau dengan cara menekan (CTRL+F5).

2) Pembaruan Secara Online

Untuk melakukan update / pembaruan aplikasi Dapodik versi 2017b, Anda juga dapat langsung mengupdatenya secara online dengan cara dibawah ini:
  • Persiapkan komputer Anda dalam kondisi terhubung dengan Internet
  • Silahkan Login pada Aplikasi Dapodik versi 2017a
  • Pilih menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, Klik tombol "Cek Pembaruan".
  • Setelah itu akan tampil keterangan bahwa Pembaruan tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2017b) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
  • Klik tombol "Lanjutkan", maka sistem akan melakukan update pembaruan.
  • Klik tombol "muat ulang halaman sekarang", setelah proses selesai.
Demikianlah tadi beberapa cara yang dapat digunakan untuk menupdate aplikasi dapodik versi 2017a menjadi Aplikasi Dapodik versi 2017b. Dengan dirubahnya versi aplikasi dapodik menjadi versi terbaru berarti aplikasi dapodik yang anda gunakan secara otomatis akan mengalami perubahan yang dapat membuat anda lebih mudah dalam mengelola data dapodik. Salah satunya yaitu dengan adanya fitur input nilai raport dan nilai US/USBN. Namun, dengan adanya penambahan fitur tersebut, proses pengiriman data pada waktu sinkronisasi menjadi bertambah besar. Untuk itu, agar proses sinkronisasi menjadi lancar disarankan untuk melakukannya secara bertahap dan tidak harus menunggu sampai dengan input nilai selesai semuanya. Prioritaskanlah input nilai yang paling penting, misalnya input nilai semester ganjil tahun ajaran 2016/2017.

Link Download:
a. Updater Aplikasi Dapodik Versi 2017.b

b. Panduan Singkat (buku manual) Aplikasi dapodik bersi 2017.b

0 comments:

Post a Comment