Monday, October 30, 2017

Pengertian polusi air, penyebab, dampak dan cara mencegah polusi air

// // 1 comment

Materi lengkap Polusi Air


Pengertian polusi air, penyebab, dampak dan cara mencegah polusi air. Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan tidak akan bertahan lama jika tidak ada air. Oleh sebab itu kita harus selalu menjaga air agar tetap bisa kita gunakan dan bisa kita konsumsi. Menjaga air juga bermanfaat bagi kehidupan dan masa depan bumi. 

tahukah kamu, Air yang terkandung di dalam bumi sangatlah banyak. Bahkah perairan di bumi lebih luas di bandingkan daratnya. Jika kita melihat bumi dari luar angkasa maka kita akan bisa melihat daerah berwarna biru yang sangat luas di bumi dan itu adalah air. Air juga sangat bermanfaat bagi kehidupan bumi, bagi kita manusia, bagi hewan, bagi tumbuhan dan bagi keseimbangan bumi. Oleh sebab itu kita wajib menjaga air tersebut.

Pengertian polusi air


Air merupakan sumber daya alam yang sangat di butuhkan manuisa. Meskipun sangat dibutuhkan manusia, seringkali kita melihat tidak adanya ketersediaan air yang bersih. Tidak tersedianya air bersih ini disebabkan oleh tercemarnya air sehingga menjadi tidak layak untuk digunakan apalagi untuk di konsumsi. Hal ini karena zaman modern ini kita sering menemukan banyak sumber air yang tercemar dan kotor.

Air yang tercemar atau kotor atau terkontaminasi oleh pencemaran disebut dengan polusi air. Polusi air adalah perubahan keadaan air di tempat penampungan air seperti sungai, danau, laut, dan lain. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan air yang bersifat negative yaitu air menjadi tercemar, kotor, menjadi tidak layak digunakan dan di konsumsi manusia dan dapat merugikan banyak pihak.
Pengertian polusi air, penyebab, dampak dan cara mencegah polusi air
contoh polusi air


Penyebab polusi air


Pada dasarnya air merupakan sumber daya alam yang bersih dan murni. Akan tetapi pencemaran dan polusi air membuat air tidak lagi murni dan menjadi kotor. Air menjadi bercampur dengan bahan sisa limbah dan bahan kimia. Tentu saja pencemaran atau polusi air punya penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab polusi air dan pencemaran air:

a. Sampah

sampah adalah penyebab polusi air yang umun dan sering kita temui di berbagai tempat di Indonesia. Tumpukan sampah akan menyebabkan air kotor dan menyebabkan pencemaran pada air. Masih banyak biasanya orang yang membuang sampah di parit dan sungai sehingga menyebabkan polusi air. Sampah yang ditumpuk dekat sumber air juga dapat menyebabkan polusi air. Karena pada saat hujan turun, maka air hujan yang mengenai tumpukan sampah akan tercemar. Air yang tercemar tersebut kemudian mengalir di berbagai sumber air.

b. Limbah

Ada berbagai jenis limbah yang dapat menjadi penyebab polusi air contohnya adalah limbah pabrik, limbah rumah tangga dan limbah pertokoan. Limbah sangat berbahaya bagi polusi air apalagi misalkan limbah tersebut langsung di buang ke sumber atau saluran air seperti sungai, danau, parit, laut dan banyak lagi tanpa diolah terlebih dahaulu. Limbah dapat berdampak merugikan bagi manusia dan hewan jika sudah menjadi polusi air. 

c. Bahan peledak

Penggunaan bahan peledak untuk mencari ikan di laut adalah sebuah kesalahan. Karena nelayan yang menggunakan bahan peledak akan menyebabkan polusi laut dan menyebabkan banyak biota laut yang mati dan menyebabkan tumbuhan laut mati dan karang menjadi hancur dan rusak. Oleh sebab itu sebaiknya saat mencari ikan janganlah menggunakan bahan peledak.

d. Asap kendaraan

Asap kendaraan yang berlebih juga akan berdampak pada polusi air. Asap kendaraan yang beracun dan berbahan kimia akan bercampur dengan air di udara dan akan membentuk asam korosit ringan. Kejadian ini menyebabkan terbentuknya hujan asam. Hujan asam ini akan mengalir ke sumber air dan akan menyebabkan polusi pada air.

e. Penyebab alami

Faktor alami yang dapat menyebabkan kerusakan air adalah metabolisme makhluk hidup yang berlebih yang akan mengarah ke laut sehingga menyebabkan eutrofikasi dan menyebabkan polusi air.

Dampak Polusi air

Polusi air sangatlah berbahaya bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lain di bumi. Polusi air memiliki dampak negatif dan merugikan  bagi manusia. Berikut ini adalah penjelasan dampak negative polusi air atau dampak buruk polusi air :

a. Kadar oksigen dalam air menurun

Kadar oksigen dalam air sangatlah penting bagi kehidupan biota air dan tumbuhan-tumbuhan air. Oksigen digunakan untuk bernapas oleh binatang di dalam air dan juga membantu proses fotosintesi tumbuhan air. Jika kadar oksigen berkurang dan tinggal sedikit, maka akan menyebabkan binatang dan tumbuhan di dalam air mati. 

Hal ini juga akan berpengaruh untuk manusia, karena manusia sering dan suka maka ikan. Ikan itu sangat bergizi dan bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan dan kesehatan manusia karena ikan memiliki protein yang tinggi.  jika ikan di air banyak mati dan tinggal sedikit karena kadar oksigen menurun dan polusi air maka manusia kan kesusahan untuk menangkap ikan dan akan sulit untuk mengkonsumsi ikan lagi. Karena ikan menjadi langka. Oleh karena itu polusi air sangat berdampak buruk bagi kehidupan manusia. 

b. Cadangan air bersih berkurang

Berkurangnya cadangan air bersih karena polusi air akan sangat berdampak dan sangat dirasakan oleh manusia. Polusi air menyebabkan air menjadi kotor dan tercemar. Hal ini membuat air menjadi tidak layak di konsumsi lagi oleh manusia karena akan berdampak negative pada kesehatan jika mengkonsumsinya. Padahal manusia tidak akan lepas dari air karena manusia membutuhkan air untuk minum. 

Selain untuk minum, air bersih juga digunakan untuk banyak kegiatan yang dilakukan manusia seperti memasak, mencuci dan masih banyak lagi. Bukan Cuma manusia yang merasakan dampaknya. makhluk hidup lain juga akan dirugikan karena polusi air yang  menyebabkan air bersih menjadi berkurang atau bahkan menjadi tidak ada. Karena ada jenis hewan tertentu yang hanya bisa berkembang biak di air dan tempat yang bersih dan tidak berpolusi. jadi jika cadangan air bersih berkurang karena polusi air maka spesies tersebut bisa terancam punah. Jadi polusi air sangatlah merugikan untuk manusia karena menyebabkan cadangan air bersih berkurang. 

c. Ekosistem air menjadi terganggu keseimbangannya

Polusi air akan menyebabkan terganggunya ekosistem air. Air merupakan komponen utama dari ekosistem air. Air di ibaratkan sebagai rumah atau tempat tinggal untuk berbagai jenis makhluk atau biota air. Jika air yang merupakan rumah mereka kotor dan tercemar, maka akan menggangu keseimbangan di ekosistem air tersebut. Oleh sebab itu polusi air akan sangat berbahaya dan merugikan ekosistem air dan makhluk hidup yang ada di dalamnya. 

d. Penyebab beberapa bencana alam 

Polusi air dapat menyebabkan beberapa jenis bencana alam terjadi. Bencana alam yang bisa terjadi karena polusi air adalah banjir, tanah longsor dan dan erosi. Pencemaran dan polusi air dapat menyebabkan beberapa bahkan banyak tumbuhan menjadi mati. Hal ini akan menyebabkan beberapa bencana seperti erosi. Erosi bisa terjadi  karena tidak ada lagi tumbuhan yang dapat menahan erosi dan gesekan yang terjadi.

Polusi air juga dapat menyebabkan  Terjadinya banjir karena tumbuhan yang berguna untuk menahan air dan menyerap air dalam tanah sudah tidak ada sehingga menyebabkan banjir. Banjir juga bisa disebabkan karena banyak orang yang membuang sampah dan limbah sembarangan di sumber air seperti di sungai, parit, danau dan lain sebagainya. Sampah ini menyebabkan aliran air tidak lancar dan menyebabkan air tergenang dan terjadilah banjir.

 Polusi air juga bisa menyebabkan tanah longsor. Tanah longsor bisa terjadi karena tumbuhan banyak mati. Jadi tumbuhan yang biasanya menahan tanah agar tidak terjadi longsor sudah tidak ada oleh sebab itu akan terjadi longsor.

Itulah tadi beberapa dampak yang dapat di timbulkan oleh polusi air, masih banyak dampak lagi yang bisa ditumbulkan oleh polusi air ini. oleh sebab itu kita wajib waspada dan menjaga agar air tidak tercemar dan kotor sehingga tidak menimbulkan polusi air dan tidak merugikan makhluk hidup yang ada dibumi.


Cara mengatasi dan mencegah polusi air

Tentu saja ada cara yang dapat kita gunakan atau terapkan untuk mengatasi dan mencegah polusi air atau pencemaran pada air. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi dan mencegah pencemaran air:

Cara mengatasi dan mencegah polusi air

Cara mengatasi dan mencegah polusi air



1. bijaklah menggunakan air

agar tidak terjadi pencemaran dan polusi air sebaikanya kita bisa menghemat penggunaan air dan menggunakan air dengan cara tidak berlebihan. Penggunaan air secara berlebihan akan mengurangi cadangan air bersih apalagi kita menggunakan air yang di ambil dari dalam tanah. Pengambilan air dan penyerapan air tanah yang berlebih akan menyebabkan keseimbangan lingkungan menjadi terganggu. Jika terus melakukan ini maka akan menyebabkan kerusakan lingkungan dengan ruang lingkup yang sangat mengerikan dan besar.

2. mengurangi menggunakan deterjen

deterjen memiliki kandungan kimia dan bahan turunan minyak bumi yang dapat berpengaruh buruk pada lingkungan. Penggunaan deterjen secara berlebihan dapat memyebabkan polusi air. Apalagi limbah deterjen yang kita pakai langsung kita buang di saluran atau sumber air. Air deterjen dapat menyebabkan beberapa jenis biota air keracunan dan dapat mengganggu ekosistem ait. Oleh sebab itu sebaiknya kita menggunakan deterjen dengan bijak dengan tidak berlebih dan sesaui kebutuhan saja.

3. Kurangi obat-obat kimia

Obat-obatan berbahan kimia yang kita konsumsi berpeluang mencemari air dengan cara keluar lewat saluran sekresi. Obat kimia yang kita buang bisa bereaksi terhadap tanah dan menyebabkan polusi dan pencemaran termasuk pada air. Oleh sebab itu kita harus mengurang penggunaan obat berbahan kimia dan menggantinya dengan yang berbahan herbal agar lebih aman untuk lingkungan. 
Selain obat yang  di konsumsi, obat seperti pembasmi serangga dan pestisida yang berbahan kimia juga berdampak buruk bagi air dan dapat menyebabkan pencemaran air.

4. Mengurangi bahan sulit terurai

Banyak sekali jenis bahan yang sulit terurai seperti plastic dan Styrofoam yang membutuhkan waktu sangat lama untuk terurai. Bahan ini akan berdampak pada pencemaran air jika kita membuangnya di saluran dan sumber air. Oleh sebab itu sebaiknya kita mengurangi bahan ini dan menggantinya dengan bahan lain dan sebaiknya kita tidak membuang sampah bahan ini di sembarangan tempat apalagi disaluran dan sumber air. Hal ini dapat mengatasi dan mencegah polusi air atau pencemaran air.

5. Melakukan reaboisasi

Mananam pohon adalah salah satu cara mudah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi dan mencegah polusi air. Tanaman dapat memberikan dampak luar biasa dan sangat bermanfaat bagi kehidupan. Menanam pohon dapat mencegah polusi air dengan cara membantu penyerapan air dan membuat udara menjadi bersih agar tidak terjadi hujan asam. 

6. Mengelola dan mendaur ulang sampah dengan baik

Cara agar bisa mengatasi dan mencegah polusi air adalah dengan mengelola sampah yang ada sehingga tidak menjadi pencemar pada air. Selain itu mendaur ulang sampai yang sulit terurai akan menjadi alternative terbaik untuk mengurangi sampah penyebab polusi air. 

Masih ada banyak cara yang dapat kita terapkan untuk dapat mencegah dan mengatasi polusi air. Perlu di perhatikan bahwa untuk dapat mengatasi polusi air tidak perlu melakukan langkah yang besar cukup dengan diri sendiri contohnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan diterjen,mengurangi mengunakan kendaraan bermotor, dan obat-obat kimia dan juga dengan cara menghemat penggunaan air dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu kita wajib menjaga lingkungan kita dan mengambil langkah untuk mengatasi dan mencegah pencemaran air serta polusi air. Karena hal ini akan berpengaruh pada baik pada kehidupan kita kedepannya dan berpengaruh pada masa depan bumi dan keturunan kita nantinya.

itu tadi materi yang dapat kami bagikan tentang polusi air yang membahas Pengertian polusi air, penyebab, dampak dan cara mencegah polusi air. semoga materi ini dapat membantu dan dapat menyadarkan kita betapa berharga dan bermanfaatnya air bagi kehidupan kita. materi ini juga mengajarkan dan memberitahukan betapa berbahaya polusi air dan pencemaran air tersebut. semoga materi ini dapat membantu. terima kasih yang sudah berkunjung. bagikan materi ini jika menurut anda materi ini bermanfaat.


1 comment: Leave Your Comments

  1. If you're looking to lose kilograms then you have to get on this brand new custom keto diet.

    To design this keto diet service, licensed nutritionists, fitness couches, and cooks joined together to develop keto meal plans that are productive, suitable, money-efficient, and delightful.

    Since their first launch in January 2019, 100's of people have already transformed their figure and well-being with the benefits a good keto diet can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones offered by the keto diet.

    ReplyDelete