Tuesday, October 31, 2017

Bagain Wilayah Perairan di Indonesia Lengkap

// // Leave a Comment

Perairan Indonesia


Wilayah Perairan di Indonesia - Indonesia mempunyai banyak keanekaragamankenampakan alam perairan. Ada 2 jenis kenampakan alam di Indonesia yaitu darat dan perairan. Pada materi ini kita tidak akan membahas kenampakan alam darat. Materi kali ini akan membahas tentang kenampakan alam perairan di Indonesia yang sangat beragam.  Berikut ini adalah  kenampakan alam perairan di Indonesia:

Wilayah dan kenampakan Perairan di Indonesia


1. Samudera

Samudra adalah wilayah perairan yang memiliki luas dan dalam melebihi lautan biasa. Samudra itu sangatlah luas dan kedalamannya bisa mencapai lebih dari 1000 m. Indonesia diapit oleh 2 samudera yaitu samudera hindia dan samudera pasifik. 2 samudra ini menyebabkan iklim yang berbeda di Indonesia yaitu iklim tropis dan sub tropis.

2. Laut

Laut merupakan perairan yanh luas yang menghubungkan satu pulau dengan pulau lain. Indonesia memiliki laut yang luas dengan keanekaragaman yang banyak. Ekosistem laut di Indonesia banyak di huni ikan dan tumbuhan laut yang berguna bagi manusia. Selain itu ekosistem laut  di Indonesia juga akan karang dan biota laut lainnya.
Batasan laut di Indonesia berkaitan dengan landasan kontingen dan batas laut territorial. Maksud dari landasan kontingen dan batas laut territorial adalah:

  • Landasan kontingen merupakan batas kekayaan alam laut Indonesia yang boleh di jangkau sampai kedalaman 200 m. 
  • Batas territorial adalah batas laut Indonesia sejauh 12 mil di ukur dari garis lurus batas laut.
  • Batas ZEE dihitung 200 mil dari garis lurus batas laut.

Manfaat laut yang ada di Indonesia sangat lah beragam yaitu mulai dari tempat untuk budidaya ikan, budi daya rumput laut, dan budi daya biota laut lainnya, untuk pertambangan minyak bumi, untuk tempat rekreasi, untuk jalur transportasi laut, untuk mengatur iklim yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu sebaiknya kita menjaga ke anekaragaman hayati laut dan melestarikan laut kita agar tetap bermanfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi di mata Negara maupun internasional.

3. Selat

Selat adalah perairan air laut yang memiliki ruang yang sempit dan berada di antara pulau dan menghubungkan 2 pulau tersebut. Jarak antara pulau biasanya 200-1000 m. di Indonesia terdapat banyak selat yang di antara adalah selat sunda, selat bali, selat Madura, selat malaka, selat Bangka, selat karimata, selat lewotobi, dan masih banyak lagi yang lainya.

Selat biasanya berfungsi sebagai jalur perdagaan antar pulau. Selat juga berfungsi sebagai jalur perdagangan dunia sehingga akan membantu dan memberi dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Selat juga dapat digunakan sebagai jalur transportasi dari satu pulau ke pulau lain.

4. Pantai

Pantai Merupakan kenampakan alam perairan yang berada di darat dan berbatas dengan laut. Pantai dapat memberikan kita pemandangan yang indah dan menakjubkan yang dapat membuat kita menjadi senang saat melihatnya.

Pantai di Indonesia dapat di manfaatkan sebagai sumber mata pencaharian penduduk dan sebagai tempat pariwisata untuk berlibur. Pekerjaan yang dapat di lakukan dipantai adalah membuka tempat pariwisata atau resort, bertani garam, mencari ikan dan melaut,berjualan, membuta kerajinan tangan yang bahan dasarnya di dapat di pantai seperti kerang, batu dan lainnya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dipantai juga biasanya terdapat gua hasil erosi pantai. Pantai juga menjadi tempat hidup hewan kecil dan tumbuhan. Contohnya adalah ekosistem mangrove yang berguna sebagai tempat hidup hewan seperti udang, kepiting, ikan, ular dan masih banyak lagi. Mangrove juga berguna untuk menahan abrasi air laut.

5. danau

Danau merupakan wilayah luas berbentuk cekung dan berisi air dan berada di tengah daratan atau dikelilingi daratan. Ada banyak danau di Indonesia. Salah satu danau yang terkenal di Indonesia adalah danau toba. Danau toba memiliki keindahan alam yang menakjubkan sekaligus menarik dan  merupakan danau terbesar di Indonesia. Danau toba berasal dari letusan gunung berapi yaitu gunung toba yang perkiraan meletusnya 74 ribu tahun yang lalu. Selain danau toba ada juga beberapa danau lain di Indonesia contohnya adalah danau towuti di Sulawesi selatan, danau poso di Sulawesi tengah, danau sentarum di Kalimantan barat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagain Wilayah Perairan di Indonesia Lengkap
Danau Toba di Sumatra Utara


Danau bermanfaat dan digunakan sebagai objek pariwisata, sumber aliran irigasi pertanian, untuk bididaya ikan dan lain sebagainnya.

Ada berbagai jenis danau yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah jenis danau berdasarkan proses terbentuknya :
a. Danau tektonik : danau yang terbentuk akibat patahan dan pergeseran kerak bumi.
b. Danau vulkanik : danau yang terbentuk akibat pengaruh aktivitas gunung berapi.
c. Danau tektovulkanik : danau yang terbentuk akibat 2 unsur yaitu tenaga tektonik dan vulkanik
d. Danau alami : danau yang terbentuk akibat proses alami. Danau ini biasanya terbentuk saat ada bagian air sungai yang terbendung aliaran lava saat erupsi lava terjadi.
e. Danau karst : danau yang terbentuk akibat pengaruh larutan tanah kapur oleh air.
f. Danau buatan : danau yang terbentuk karena di buat oleh manusia.
g. Danau Glasial : danau yang terbentuk akibat gletser atau es.

6. Sungai

Sungai adalah aliran air yang mengalir dari dataran yang tinggi menuju atau bermuaran kelaut atau kesungai lain. Sungai terbentuk karena aliran air yang turun dari gunung atau dataran tinggi sehingga menbentuk jalur air. Sungai akan berukuran besar saat bermuaran di laut sedangkan sungai yang bermuara ke sungai lain cenderung lebih kecil. terdapat banyak sekali sungai yang ada di Indonesia.

Contoh dari sungai adalah sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Terus sungai lainnya adalah sungai musi, sungai bengawan solo, sungai Mahakam, sungai barito dan masih banyak lagi sungai lainnya.

Bagain Wilayah Perairan di Indonesia Lengkap
sungai kapuas di kalimantan barat

Sungai sangat bermanfaat bagi kehidupan manusai. Sungai dapat dimanfaatkan untuk sumber PLTA, jalur transportasi air, tempat rekreasi, mencari ikan, matapencaharian, irigasi sawah dan masih banyak lagi fungsi sungai yang lainnya.

Akan tetapi sungai juga dapat menyebabkan kerugian bagi manusia seperti menyebabkan banjir saat air sungai meluap dan pencemaran air sungai dan polusi juga dapat membuat kerugian pada manusia.

Artikel terkait : dampak dan penyebab polusi air serta cara mencegahnya.  


7. Rawa

rawa adalah wilayah darat yang tergenang air. Biasanya rawa digunakan sebagai tempat perikanan dan hutan bakau. Rawa bermanfaat untuk irigasi air persawahan da kebutuhan air bersih penduduk. Rawa seperti hutan bakau juga berfungsi untuk mencegah erosi pantai terjadi.

0 comments:

Post a Comment