Saturday, October 28, 2017

Pola Kegiatan Ekonomi

// // Leave a Comment

Pola kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi di bedakan menjadi tiga bentuk yaitu, ekonomi pasar,ekonomi campuran, dan ekonomi perencanaan pusat. Ekonomi pasar adalah perekonomian yang kegiatannya dikendalikan sepenuhnya oleh interaksi antara pembeli dan penjual di pasar. Ekonomi campuran adalah system ekonomi pasar yang di sertai oleh campur tangan pemerintah. Sedangkan system perekonomian perencanaan terpusat adalah system ekonomi yang di atur sepenuhnya oleh pemerintah.

kegiatan pasar merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi: pola kegiatan ekonomi
kegiatan pasar merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi

Sebagian besar Negara yang ada didunia menggunakan system ekonomi campuran, yaitu system perekonomian pasar yang disertai dengan campur tangan pemerintah. Jika kita perhatikan kegiatan perekonomian di Negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman Barat dan Inggris, maka dengan jelas dapat kita lihat bahwa kegiatan individu dan perusahaan swasta merupakan faktor utama dalam menentukan corak kegiatan ekonomi di Negara-negara tersebut. akan teteapi di samping itu dengan jelas pula dapat kita lihat bahwa pemerintah memegang peranan yang sangat penting dalam mengatur dan mengendalikan kegiatan ekonomi masyarakat.begitu pula di negara berkembang seperti India, Malaysia, Filipina dan Negara kita sendiri ,pola kegiatan ekonomi yang seperti itu dapat di lihat dengan jelas.

System ekonomi campuran di praktekkan di banyak Negara, maka hal ini perlu kita kenal sebaik-baiknya. Hal tersebut bermanfaat karena kita dapat melihat bagaimana suatu perekonomian yang kita kenal berfungsi dan bagaimana menjalankan kegiatannya. Pembahasan kali ini akan menerangkan bagaimana fungsi system ekonomi campuran serta bagaimana menjalankan kegiatannya.  Hal dasar yang patut kita pahami sebelum mempelajarinya lebih jauh yaitu kita harus memahami perekonomian uang berfungsi terlebih dahulu. Hal ini akan menunjukan kegiatan ekonomi pasar,kelemahan dan kelebihan system pasar, dan bagaimana peranan pemerintah dalam memperbaiki sitem pasar.

a. Uang, perdagangan dan spesialisasi


Perekonomian dunia sudah banyak mengalami perubahan terutama di Negara-negara maju. Di dalam kegiatan ini kegiatan ekonomi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi saja, namun dilakukan untuk memenuhi keinginan yang tersedia di pasar. Dan di era sekarang ini manusia telah menggunakan teknologi mesin untuk menyediakan bahan-bahan yang kita butuhkan dalam jumlah yang banyak. Dengan hal ini barang tersebut dapat di kirim di seluruh belahan dunia. Hal  ini di sebut perdagangan yang dapat berkembang dalam speseialisasi dalam dunia produksi pentingnya perdagangan dalam Negara kita dan spesialisasi produksi memiliki peranan yang peting untuk perekonomian dalam era modern ini.

1. Produksi untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri

Dalam perekonomian yang masih primitive contohnya petani yang bercocok tanam masih menggunakan alat-alat tradisional tingat produktifitasnya menjadi relative lebih kecil dan hal ini belum mampu menunjang perekonomian.

2. Perdagangan barter

Zaman dahulu ketika belum ada uang masyarakat menggunakan system barter atau biasa di sebut dengan perdagangan yang di lakukan dengan cara pertukaran barang. Misalnya seseorang menginginkan suatu barang yang ada pada orang lain atau di produksi oleh orang lain dan orang tersebut bersedia menukarkan barangnya, dengan adanya demikian maka terjadilah barter. Syarat barter ialah adanya dua keinginan yang saling bersesuaian atau dalam istilah inggrisnya sering di sebut dengan double coincidence of wants atau kesesuaian ganda dari keinginan.


3. Pola perdagangan perekonomian subsisten

Perdagangan secara barter tidak lagi dilakukan pada zaman sekarang ini, karena adanya uang yang digunakan sebagai perantara dalam tukar menukar. Karena adanya uang sebagai alat tukar menukar maka perekonomian sekarang ini dapat dengan lancer terlaksana. Karena itu “kesesuaian ganda dari keinginan” tidak lagi menjadi syarart dalam perdagangan karena telah adanyanuang sebagai alat tukar-menukar, sehingga masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan di pasaran.

Ciri-ciri perekonomian uang

Hampir seluruh Negara di golongkan sebagai perekonomian uang karena uang merupakan perantara dalam kegiatan perdagangan.namun demikian uang tidak lah penting peranannya dalam perekonomian subsiten karena perdagangan masih sangat terbatas. Namun di Negara-negara maju peranan uang menjadi sangat penting dalam perekonomian. Semakin maju suatu Negara maka makin pentinglah kegiatan perdagangan dalam Negara tersebut. 

0 comments:

Post a Comment