Saturday, October 21, 2017

Macam Macam Cabang Ilmu Geografi Fisik Lengkap serta Penjelasannya

// // Leave a Comment

Cabang Ilmu Geografi Fisik


Halo teman-teman semua, selamat datang di belajar mandiri. pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cabang Ilmu Geografi Fisik. Pokok pembahasan yang akan di bahas adalah seputar macam-macam Cabang Ilmu Geografi Fisik, penjelasan lengkap serta pengertian dari Cabang Ilmu Geografi Fisik. Untuk lebih jelas kita langsung saja ke pembahasanya di bawah ini.

Macam Macam Cabang Ilmu Geografi Fisik Lengkap serta Penjelasannya
Macam Macam Cabang Ilmu Geografi Fisik 

Macam Macam Cabang Ilmu Geografi Fisik


Geografi merupakan ilmu yang mempelajari  tentang hubungan manusia dengan lingkungannya. Geografi berasal dari bahasa yunani, yakni ‘geo’ yang artinya bumi dan ‘graphien’yang artinya tulisan atau menjelaskan. Maka dari itu secara umum geografi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi, persamaan ,serta perbedaan variasi-variasi keruangan dari manusia dan perbedaan fenomena fisik permukaan bumi.
Ilmu geografi memiliki beberapa cabang, dan salah satunya adalah geografi fisik. Geografi fisik adalah ilmu yang lebih memperhatikan tentang lingkungan fisik dan lapisan hidup didalamnya. Ruang lingkupnya terdapat di daratan dan lautan dimana banyak makhluk hidup tinggal. Ilmu geografi fisik memiliki cabang yang menunjangnya. Berikut ini adalah beberapa cabang dari ilmu geografi fisik:

1. Klimatologi
Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang iklim. klimatologi berasal dari 2 kata dari bahasa yunani yaitu "klima" dan "logos" yang artinya klima yaitu kemiringan (slope) dan logos artinya ilmu. Jadi klimatologi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan iklim, baik itu sifat, terjadinya iklim dan penyebab perbedaan iklim tiap daerah dan juga termasuk pengaruh iklim terhadap kehidupan manusia. Klimatologi memerlukan statistik dalam mengerjakannya karena perlunya interpretasi dari banyak data. Orang yang mempelajari tentang klimatologi disebut klimatologis. 

2.  Meteorologi
Meteorologi adalah ilmu penunjang yang mempelajari tentang atmosfer. Dalam cabang ini kita akan mempelajari segala tentang atmosfer seperti suhu, udara, angin dan cuaca. Meteorologi digunakan untuk memprediksi atau prakiraan cuaca.  Oleh sebab itu arti lain dari meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses fisis cuaca di atmosfer yang digunakan untuk mengetahui ciri fisik dan kimia atmosfer serta gejala cuaca untuk meramal atau memperkirakan cuaca di seluruh dunia.

3. Oceanografi
Oceanografi adalah ilmu penunjang yang mempelajari tentang laut dan segala aspek didalamnya. Ilmu ini mempelajari fenomena fisis dan dinamis di dalam laut. oceanografi mempelajari banyak hal seperti ekosistem didalam laut beserta dengan organisme yang menghuninya, gelombang, arus, serta tenaga dan gerakan-gerakan yang terjadi didalam laut.


4. Hidrografi 

Hidrografi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang deskripsi dan pengukuran baik sifat maupun bentuk dari dasar perairan. Hal yang dipelajari meliputi topografi dan batimetri dasar laut, morfologi dasar laut, dan material yang terdapat di dasar laut. Hidrografi juga mempelajari pasang surut air laut serta arus air laut.

5. Hidrologi

Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pergerakan, distribusi, perputaran, penyebaran serta kualitas air yang ada di bumi. Selain itu hidrologi juga mempelajari hubungan siklus air dengan lingkungan dan manusia serta juga dengan siklus hidrologi itu sendiri.

6. Geologi
Geologi adalah cabang ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang bumi. Geologi berasal dari kata geos dan logos yang artinya bumi dan ilmu. Ilmu geologi mempelajari tentang material-material yang ada dibumi, pembentukan dan asal mula bumi, proses pembentukan bumi, struktur bumi, penyusun bumi dan kerak bumi, serta proses perubahan bumi dari masa ke masa hingga menjadi bumi yang sekarang ini.

7. Geomorfologi
Geomorfologi berasal dari 3 kata dari bahasa yunani yaitu geo, morphe dan logos. Geo artinya bumi, morphe artinya bentuk sedangkan logos artinya ilmu. Jadi dari pengertian di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari bentuk permukaan bumi. Tapi artian luas geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi, bentangan alam. Selain itu geomorfologi juga mempelajari penyebab dan proses yang terjadi saat pembentukan permukaan bumi atau lahan alam.

8. Geografi Tanah
Geografi tanah adalah ilmu yang mempelajari tentang persebaran tanah-tanah yang ada di bumi. Selain itu ilmu ini juga mengkaji tentang sifat, karaktersistik tanah serta manfaat tanah bagi kehidupan manusia. Cabang ini juga mempelajari perbedaan jenis dari setiap daerah yang ada di bumi.

9. Ilmu tanah 
Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang tanah dan sifat-sifat tanah. Hal yang di bahas adalah komposisi tanah, struktur tanah, jenis tanah, sifat tanah, kerusakan tanah, fisika dan kimia tanah, fisis dan biologis tanah serta manfaat tanah bagi kehidupan.


10. Biogeografi
Cabang ini mempelajari kajian dari makhluk hidup dalam ruang dan waktu. Artinya adalah mempelajari organisme atau makhluk hidup dari masa lampau hingga yang sekarang dan juga mempelajari populasi dan penyebaran makhluk hidup tersebut diberbagai daerah. Ilmu biogeografi juga mempelajari tentang faktor atau pengaruh yang dapat mempengaruhi makhluk hidup.

11. Biologi
Sebagaimana yang kita tahu dan sudah di pelajari, biologi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup beserta lingkungan. Biologi ternyata termasuk juga dalam cabang ilmu geografi fisik.


Hanya itu materi yang dapat kami bagikan tentang Macam Macam Cabang Ilmu Geografi Fisik. Semoga materi diatas dapat membantu kita semua untuk mengetahui dan memahami dan juga menambah wawasan kita semua . Terima kasih sudah berkunjung.
 jika ada yang masih bingung dan ingin bertanya tentang materi diatas silahkan tanyakan di kolom komentar.


0 comments:

Post a Comment